banner 728x250

BPOM Lakukan Pemeriksaan Terhadap Menu Buka Puasa di Kota Bengkulu

banner 120x600
banner 468x60

Petugas BPOM Bengkulu saat melakukan pengambilan sampel makanan takjil di salah satu warung makanan takjil di Kota Bengkulu.

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Bengkulu melakukan pemeriksaan takjil dan makanan berbuka puasa di pusat keramaian yang terletak di beberapa titik pasar kuliner di Kota Bengkulu, Selasa (28/3/23).

banner 325x300

Kepala BPOM Bengkulu Yogi Abaso Mataram melalui Petugas Sampling BPOM Bengkulu, Yeni Wisawaty mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan takjil dan makanan berbuka puasa itu tak mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks maupun pewarna makanan.

Pemeriksaan takjil atau makanan berbuka puasa ini dilakukan BPOM di kawasan Pasar Kuliner Kampung Ramadan RBTV, Pasar Takjil Kampung, Pasar Ramadan Berendo, dan Pasar Tumpah di Kawasan Jalan S Parman.

Petugas BPOM mengambil 60 sample takjil terdiri dari jenis gorengan, aneka minuman, dan makanan basah lainnya untuk dilakukan pemeriksaan di mobil Laboratorium Keliling.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan panganan berbuka puasa ini tak mengandung bahan berbahaya,” kata Yeni.

Setelah dilakukan pemeriksaan hingga beberapa menit, sampel tak menunjukan reaksi tercampur bahan kimia sehingga dinyatakan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

“Semuanya sampel di empat lokasi ini telah dinyatakan aman untuk dikonsumsi,” terang Yeni.

Petugas sampling pun memasang stiker bahwasannya objek kuliner telah diperiksa BPOM dan dinyatakan aman sehingga masyarakat tak perlu khawatir untuk mengkonsumsi.

Kendati demikian, BPOM mengimbau agar pedagang untuk menjaga kebersihan dagangan yang dijual dan tidak memberikan campuran pewarna maupun pengawet di kemudian hari.

Dimintai untuk masyarakat tetap harus selektif membeli makanan dan takjil. Apabila ditemukan makanan mengandung zat berbahaya, silahkan melaporkan ke kami,” pungkasnya (red) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *