banner 728x250

Dewan Pers Menggelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 Bersama Awak Media di Bengkulu

banner 120x600
banner 468x60

Dewan Pers Menggelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 Bersama Awak Media di Bengkulu. Kamis, (2/5/2024). 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Dewan Pers mengadakan workshop peliputan Pemilu/Pilkada 2024 bersama awak media se-Provinsi Bengkulu di Hotel Mercure pada Kamis, 2 April 2024. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengingatkan kembali peran penting pers sebagai penyedia informasi yang mendukung demokrasi, sesuai dengan undang-undang yang mengatur bahwa pers adalah bagian integral dari pembangunan demokrasi.

banner 325x300

Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Tri Agung Kristanto, menjelaskan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi bersama dengan lembaga lainnya. Workshop ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali peran media sebagai pengawal demokrasi, bukan sebagai investor atau pembuat konten semata.

Kristanto menekankan “pentingnya menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas jurnalistik, sesuai dengan kode etik dan undang-undang yang mengatur profesi wartawan. Dia juga membagikan pengalaman pribadinya dalam menjalani tugas sebagai wartawan selama masa Orde Baru, menegaskan bahwa kemandirian pers adalah kunci dalam menjaga demokrasi.” terangnya. 

Dalam workshop ini, peserta juga diajak untuk melakukan perencanaan dan simulasi dalam meliput Pemilu/Pilkada guna menjaga kualitas dan integritas informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Kristanto menyoroti pentingnya melaporkan berita secara jujur dan akurat, serta menekankan agar wartawan tidak terjebak dalam praktik penyalinan berita tanpa melakukan verifikasi.

“Peserta juga diingatkan tentang pentingnya menjadi saksi langsung dalam meliput peristiwa politik seperti Pemilu/Pilkada, bukan hanya mengandalkan informasi dari sumber lain. Para wartawan diharapkan dapat menjadi aktor yang membangun demokrasi melalui liputan yang mereka hasilkan.” lanjutnya. 

Dewan Pers sangat peduli dengan persiapan dalam menjalani hajatan besar demokrasi seperti Pemilu/Pilkada. Mereka berharap agar sikap demokratis dapat tetap terjaga dan wartawan siap melaksanakan tugas mereka dengan semangat profesionalisme, meskipun dihadapkan pada persaingan dengan berbagai narasi yang berkembang di media sosial.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat peran media massa dalam membangun demokrasi, tidak hanya di Bengkulu tetapi juga di seluruh Indonesia. Para peserta diingatkan untuk menyebarkan semangat dan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada rekan-rekan di berbagai redaksi media, baik lokal maupun nasional, guna mendukung pelaksanaan Pemilu/Pilkada yang berkualitas dan berintegritas. (red) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *