banner 728x250

Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023 Resmi Ditutup

banner 120x600
banner 468x60

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Membagikan Hadiah Bagi Pemenang Pada Kegiatan FTBI. 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu ditutup dengan secara resmi oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, M.Si., didampingi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu yang telah di selenggarakan selama tiga hari dari tanggal 6 Nopember s/d 8 Nopember pada, Rabu (8/11/2023).

banner 325x300

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Drs. Eri Yulian Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, dan Camat Enggano. Dengan demikian, rangkaian Program Revitalisasi Bahasa Daerah Tahun 2023 resmi selesai.

Dalam kegiatan penutupan FTBI ini juga diserahkan piagam penghargaan kepada tiga maestro pelestari dan pegiat bahasa daerah Bengkulu dialek Serawai, bahasa Rejang, dan bahasa Enggano.

Dalam sambutannya, Asisten I menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu yang telah bersinergi membangun bengkulu melalui Program Revitalisasi Bahasa Daerah.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa kekayaan adat, budaya, dan bahasa di Provinsi Bengkulu yang beragam perlu dijaga kelestariannya. Beliau mengapresiasi para tunas bahasa ibu yang sampai hari terakhir ini masih menunjukkan semangat membara dalam upaya pelestarian bahasa daerah.” terang Khairil Anwar, M.Si.

“Kedepan kita akan terus mengawal penerbitan peraturan gubernur terkait pelestarian bahasa daerah di Provinsi Bengkulu”. lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh para tunas bahasa ibu yang sangat bersemangat mengikuti berbagai perlombaan pada festival ini. Pada tahun 2024 direncanakan Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Bengkulu akan dilanjutkan dengan merevitalisasi empat dialek bahasa daerah Bengkulu, yaitu bahasa Bengkulu Dialek Pekal, Dialek Pasemah, Dialek Nasal, dan Dialek Lembak.

“Ucapan terima kasih kepada Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII yang mensponsori perlombaan menulis dan membaca aksara ulu pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Bengkulu Tahun 2023”. ungkap Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya Darwin Susianto, salah satu juri yang juga merupakan penutur jati bahasa rejang, mengatakan bahwa kita patut berbangga, para tunas mudah bahasa ibu, anak-anak tingkat SD dan SMP, sudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam upaya pelestarian bahasa daerah. Ini merupakan sebuah kemajuan. Artinya, revitalisasi bahasa daerah itu sangat penting untuk dilaksanakan.

“Saya juga mengajak untuk meningkatkan penggunaan bahasa Ibu dan bahasa daerah, serta menyerukan untuk jangan malu berbahasa ibu”. terang Darwin Susianto Salah Juri.

Penutupan kegiatan diadakan pertunjukan tari massal. Terlihat juga seluruh tamu undangan, peserta, panitia, dan pendamping memakai pakaian adat Bengkulu. Hal ini pula yang menjadi simbol kekuatan dan keunikan Bengkulu beserta bahasa dan budaya yang beragam.

Daftar Pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Bengkulu Tahun 2023
1. Menulis dan Membaca Aksara Ulu
Aksara Ulu Tingkat SMP
Juara I : Sesya Yuliati (SMPN 01 Kepahiang)
Juara II : Ikhsan Dwi Cahyadi (SMPN 1 Rejanglebong)
Juara III : Ageng Cera Mihasyafofah (SMP IT Cahaya Rabbani, Kepahiang)
Aksara Ulu Tingkat SD
Juara I : Icha Afiqa Agustine (SDN 20 Lebong)
Juara II : Zascia Putri Dini (SDN 09 Kepahiang)
Juara III : Fathir Fathanah (SDN 16 Seluma)

2. Mendongeng
Juara I : Nazua Adelta (SDN 22 Lebong)
Juara II : M. Rouyen Gusnaldi (SDN 39 Bengkulu Utara)
Juara III : Zakki Haikal (SD 12 Bengkulu Utara)
3. Berpidato
Juara I : Arkan Barraq Salim (SDN 7 Bermani Hilir, Kepahiang)
Juara II : Afrah Khanza Anindya (SD IT Rabbi Radhiyah 2, Rejanglebong)
Juara III : Kayyisah Aufa Florencia (SD IT Al-Qalam, Bengkulu Selatan)
4. Menulis dan Membaca Puisi
Juara I : Vivi Febrianti (SDN 87 Bengkulu Tengah)
Juara II : Bening Imash Khairiah (SD IT Al-Qalam)
Juara III : Arjun Trinando (SDN 018 Bengkulu Utara)
5. Menulis Cerpen
Juara I : Memi Susanti (SMPN 14 Lebong)
Juara II : Nathania Chelsy Putri (SMPN 3 Mukomuko)
Juara III : Dea Ayu Sheila (SMP IT RR Rejanglebong)
6. Komedi Tunggal
Juara I : Ezoni Try Rezki (SMPN 6 Bengkulu Selatan)
Juara II : Krisdayanti (SMPN 12 Lebong)
Juara III : Cut Mutia (SMPN 6 Bengkulu Tengah)
7. Tembang Tradisi
Juara I : Pika Emelda (SMPN 16 Seluma)
Juara II : M. Arif Ilham (SMPN 4 Rejanglebong)
Juara III : Fahmi Reza Anugrah (SMPN 01 Bermani Ilir, Kepahiang)

Kemudian selaku Juara umum FTBI tahun ini: di berikan kepada Kabupaten Kepahiang yang mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Provinsi Bengkulu. (red)

 

 

 

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *