Next Post

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka Bagi Pemangku Kepentingan

Array
IMG-20231120-WA0163

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Saat Menggelar UKBI Bersama Peserta. 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) UKBI melaksanakan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka bagi Pemangku Kepentingan di Kota Bengkulu yang bertempat di ruang aula hotel extra pada, Senin (20/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari instansi pemerintah, lembaga hukum, perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan jurnalis dari berbagai media di Kota Bengkulu.

Ketua Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional UKBI Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Melda Herlita, S.Pd., membuka langsung kegiatan ini secara resmi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa UKBI merupakan tes standar yang dirancang guna mengevaluasi kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia.

“Dengan UKBI seseorang dapat mengetahui mutu kemahirannya dalam berbahasa Indonesia tanpa mempertimbangkan di mana dan berapa lama ia telah belajar bahasa Indonesia”. terang Melda Herlita.

Selanjutnya, pada tahun 2023, UKBI Adaptif Merdeka telah diikuti oleh hampir 3.500 peuji di Provinsi Bengkulu. Ia berharap, setelah kegiatan ini UKBI dapat dimanfaatkan oleh peserta dan lembaga untuk mengevaluasi dan memetakan kemahiran pegawainya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kriteria yang diacu dalam pengujian UKBI berupa penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan nyata penutur bahasa Indonesia.

“Penggunaan bahasa dalam kehidupan nyata tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa ranah komunikasi yang merujuk pada ranah kecakapan hidup umum, yaitu ranah kemasyarakatan serta ranah kecakapan hidup khusus, yaitu ranah keprofesian dan ranah keilmiahan. Oleh karena itu, UKBI Adaptif Merdeka ini penting untuk dilakukan”. lanjutnya.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan simulasi pengujian UKBI terhadap peserta.

Selain itu, dalam kesempatan ini, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu memberikan penghargaan kepada SMKN 1 Kota Bengkulu dan SMAN 5 Kota Bengkulu. Penghargaan kepada SMKN 1 Kota Bengkulu sebagai lembaga dengan jumlah peuji terbanyak tahun 2023, yaitu sebanyak 650 peuji.

Selanjutnya juga diberikan penghargaan kepada Salsa Putri Fioza, siswa SMAN 5 Kota Bengkulu, sebagai peraih nilai UKBI Adaptif Merdeka tertinggi di Provinsi Bengkulu Tahun 2023. Salsa mendapatkan predikat Sangat Unggul dengan Skor Uji 723. (rls)

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News