banner 728x250

Prodia Bersama IDI Bengkulu Gelar Seminar Tentang Penyakit Alergi

banner 120x600
banner 468x60

Prof. Dr. dr. Iris Rengganis Sp.PD, K-AI seorang ahli dalam bidang penyakit dalam, menyoroti pentingnya peran dokter dalam mengatasi alergi pada Seminar Nasional. 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Prof. Dr. dr. Iris Rengganis Sp.PD, K-AI seorang ahli dalam bidang penyakit dalam, menyoroti pentingnya peran dokter dalam mengatasi alergi pada Seminar Nasional yang diadakan oleh PT Prodia Widyahusada Tbk bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Acara ini digelar di Hotel Santika Kota Bengkulu pada Sabtu (14/10) sebagai bagian dari rangkaian perayaan usia ke-50 perusahaan kesehatan terkemuka di Indonesia ini.

banner 325x300

Dalam pandangannya, alergi dapat disebabkan oleh berbagai sumber di antaranya kandungan pangan, debu, hawa, obat-obatan, tungau maupun lainnya. Dengan begitu dokter dapat mencegah alergi melibatkan evaluasi penyebabnya, mengetahui pencetusnya dan memberikan penanganan yang tepat.

“Pencegahan melibatkan menghindari faktor pencetusnya dan memberikan obat-obatan untuk mengendalikan gejalanya,” terang dia.

Dokter di puskesmas dan klinik tingkat pertama di Bengkulu diharapkan dapat mengantisipasi dan membuka wawasan pasien terkait alergi untuk memastikan diagnosa yang tepat dan terapi yang sesuai. Dengan pemberian konsultasi, dokter yang menangani diharapkan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menangani alergi, terutama alergi terhadap obat-obatan.

Selanjutnya dr. Mulyadi, SSc, Sp. PK, seorang ahli Patologi, menekankan pentingnya pemahaman dokter terhadap penanganan alergi. Sebanyak 40 persen pasien cenderung memiliki penyakit alergi, mulai dari alergi makanan hingga obat-obatan. Namun, dia bersyukur karena Prodia telah memiliki alat canggih yang dapat mendiagnosa alergi, memungkinkan penanganan yang lebih tepat.

Plt Kadis Kesehatan Kota Bengkulu, Joni Haryadi Tabrani SKM MM., Dinkes sangat mendukung inisiatif ini dan menekankan pentingnya seminar ini dalam memberikan ilmu baru. Seminar ini berfokus pada penanganan alergi terhadap obat-obatan karena profesor yang menjadi narasumber adalah ahlinya alergi.

Branch Manager Prodia Bengkulu, Putra Firdaus ST, menjelaskan bahwa PT Prodia Widyahusada Tbk merayakan usianya yang ke-50 tahun dengan menggelar Seminar Nasional di 50 Kota di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Kota Bengkulu yang menjadi tuan rumah ke-42 dalam rangkaian acara ini.

“Seminar ini dilakukan untuk membuktikan eksistensi Prodia sebagai pelopor layanan kesehatan dengan jejaring layanan terluas dan terbesar di Indonesia,” terangnya.

Seminar Nasional ini turut mengundang Ketua IDI Kota dan Provinsi Bengkulu, Ketua PAPDI, Kepala Rumah Sakit, dan Kadinkes Kota Bengkulu. Kerjasama yang baik antara pihak-pihak terkait diharapkan dapat membantu mengatasi masalah alergi dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *