banner 728x250

Kasus Dana BTT, Kantor BPBD dan BKD Diperiksa Polda

banner 120x600
banner 468x60

Dua Boks Arsip Dokumen Diamankan (kick)

Seluma.Bukitbarisannews.com.- Penyelidikan kasus dugaan tindakan pidana korupsi (Tipidkor) oleh Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Ditreskrimsus Polda Bengkulu terus berlanjut.

banner 325x300

Kali ini Polisi memeriksa dua OPD di Seluma terkait pengusutan dugaan korupsi dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Kabupaten Seluma tahun anggaran 2022 yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma.

Kemarin siang (3/5/2023) Subdit Tipidkor membagi dua tim untuk menggeledah dua OPD yang masih berkaitan, yakni BPBD dan Badan Keuangan Daerah (BKD) sekitar pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Hasil dari pemeriksaan tersebut, Subdit Tipidkor mengamankan dua boks besar berisikan dokumen dan arsip penting milik BPBD Seluma.

Kasubdit Tipidkor Polda Bengkulu, Kompol Choilil saat dikonfirmasi membenarkan adanya penggeledahan tersebut, bahkan tidak hanya memeriksa Kantor BKD dan BPBD, rumah dinas Kepala BPBD Seluma, Mirin Najib pun turut digeledah.

“Tim terbagi menjadi dua, kami mulai pemeriksaan sejak pukul 12.00WIB hingga selesai sore ini (kemarin, red). Pemeriksaan ini masih berkaitan dengan tahap penyidikan kasus Dana BTT tahun 2022 lalu,” jelasnya singkat.

Untuk diketahui, proyek BTT bersumber dari APBD Kabupaten Seluma. Dari anggaran Rp. 4,7 Miliar, terdapat Rp. 4,1 Miliar yang dikelola oleh BPBD kabupaten Seluma pada tahun 2022. Dana tersebut diperuntukkan pada kegiatan tanggap darurat pada penanganan bencana berupa pekerjaan fisik konstruksi di wilayah Kabupaten Seluma.

Diduga pekerjaan yang dilaksanakan BPBD Seluma ini tidak sesuai dengan spesifikasi dan volume dalam kontrak sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *