banner 728x250
Opini  

Milenial, Gen Z dan Partai Politik

banner 120x600
banner 468x60

Harus diakui saat ini milenial dan gen z adalah generasi emas bangsa yang harus dirawat dan dibina, Partai partai politik harus melihat hal ini dengan optimisme sebagai ladang Kaderisasi dan Regenarasi. Milenial dan Gen Z Mempunyai keunggulan ide, gagasan yang masih baru, renyah dan sedikit liar ditambah mempunyai talenta digital dan jumlah demografinya yang besar seharusnya menjadi pasar yang harus segera diperebutkan secara ideologis dalam bentuk kaderisasi sejak dini, bukan dengan janji-janji sebulan sebelum pemilihan “kalau abang jadi nanti”.

Partai-partai politik harus meninggalkan kebiasaan lama, yang merekrut “pekerjapolitik” secara serampangan karena deadline dan kebutuhan laporan pada secarik kertas saja. Partai Politik juga harus membuka mata dan telinga, Bahwa Gen Z Dan milenial hari ini telah mampu menciptakan gelombang wacana dan membuktikan mereka mampu dan memberi keyakinan untuk membolak balikan peta politik kedepannya. Lihatsaja, fenomena viral dan trending topic di media social akhir-akhirini, hal itu bagian dari bentuk dominasi wacana yang menjadi atensi tersendiri dan merubah perilaku politik dan pandangan politik kebanyakan. Dan Pelakunya yang menciptakan gelombangnya adalah Milenial dan Gen Zitu sendiri.

banner 325x300

Milenialdan Gen Z yang memenuhiWarung kopi, Café dan Kedai kedai dan tempat tempat lainnya merupakan generasi yang cenderung mudah sekali terpantik isu yang relevan dengan dirinya, hali nilah yang mejadikan perilaku  politik berubah seperti Ganjar dengan Kaos oblongnya, Sandiaga danErick Tohirdengan Video Plog pendeknya dan menjadikan mereka sosok idola baru bagi milenial dan Gen Z.

Dengan begitu Gerakan, Pola dan Strategi harus di mutakhirkan sesuai dengan pasar dan keadaanzaman. Dan pada akhirnya, partai partai politik harus benar benar serius mengevaluasi organisasi, agar dekat dengan anak muda, memberikan ruang yang ramah, nyaman dankondusif dan memupuk semangat anak muda sebagai aktivis politik yang berkarya, sepertihalnya yang dilakukanoleh Admin Twitter Partai Gerindra (official) yang beberapa kali mampu mencuri perhatian anak muda milenial dan Gen Z dengan keramahan, kenyamanan dan Citra baik dan peduli kepada mereka.

Dan tentunya kita semua berharap Partai Politik tidak lagi memberikan citra negative sebagai tempat berbahaya, tidak dapat berkarya dan penuh konflik bagi anak muda.

Salam Indonesia Raya.

Ozzi, S.IP

TA. FraksiGerindra DPRD Kota bengkulu

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *