banner 728x250

DLH Kota Bengkulu Dorong Masyarakat Giat Kelola Bank Sampah

banner 120x600
banner 468x60

KotaBengkulu.Bukitbarisannews.com.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mendorong warga yang ada dikelurahan setempat untuk giat mengelola bank sampah secara mandiri.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan saat terjun langsung ke setiap Kelurahan dalam rangka Program Merdeka Sampah untuk kegiatan pengurangan sampah yang di buang sampai ke TPA maka kita mempunyai program untuk setiap kelurahan sampah-sampah yang ada harus dipilah.

banner 325x300

“Ketika sampah-sampah itu mempunyai nilai ekonomis itu jangan di buang semua. Jadi kita mengharapkan kelurahan-kelurahan itu mendirikan Bank Sampah” terang Kadis DLH Riduan. Senin (31/10/2022).

Maka dari itu Bank sampah itu kita atur dan berkerjasama dengan Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara (PERBANUSA) untuk memberikan edukasi sekaligus pelatihan bagaimana manajemen pengelolaan Bank Sampah sehingga masyarakat kita paham bahwa tidak semuanya sampah yang dihasilkannya itu di buang begitu saja. Sekaligus ini dalam rangka pengurangan sampah yang di buang di TPA.

“Kita mengharapkan LPM terlibat dalam rangkaian untuk membuang sampah sampai ke TPA dengan menghidupkan LPM mengkoordinir dengan cara mandiri kepada masyarakat untuk membayar iuran dan sampah-sampah itu dikelola oleh masyarakat itu sendiri melalui LPM. Na itu nanti ada angkutan di kerjasamakan oleh masyarakat itu sendiri kepada pengumpul-pengumpul sampah. Itu yang kita harapkan” harap Kadis DLH Riduan. 

Sementara itu Ardi selaku pengelola Bank Sampah PERBANUSA  Bengkulu mengatakan Prinsif Bank Sampah adalah mengurangi timbunan sampah atau mengurangi limbah. Kerena limbah itu bisa di daur ulang lagi.

Disitula bank sampah berdiri di suatu wilayah untuk mengurangi timbunan sampah yang ada diwilayah tersebut.

“Intinya penyelamatan bagaimana program merdeka sampah di Kota Bengkulu ini berhasil bukan hanya memindahkan sampah dari satu titik ke TPA. Karena TPA sudah sangat bermasalah tentang lingkungan hidup”. terang Ardi Selaku Pengelola Bank Sampah. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *