banner 728x250

DLH Kota Bengkulu Perluasan TPA Air Sebakul Masih Dijajaki

banner 120x600
banner 468x60

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Riduan

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Rencana peluasan Tempat Penampungan Akhir – TPA Air Sebakul milik Kota Bengkulu tampaknya belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat, walaupun sebelumnya diproyeksikan akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang.

banner 325x300

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Riduan membenarkan saat ini luasan TPA Air Sebakul 6,8 hektar sudah penuh, dan diperkirakan hanya mampu dimaksimalkan untuk menampung sampah dalam satu tahun lagi, dengan kondisi saat ini volume sampah terbuang ke TPA setiap harinya berkisar 350 – 400 ton.

“Sejak lama Pemerintah Kota Bengkulu melakukan penjajakan terhadap para pemilik tanah di sekitar TPA, namun belum ada yang menjualnya, kalaupun ada yang menawarkan itu pun dengan harga tinggi, yang dikhawatirkan akan menjadi temuan pelanggaran penganggaran bila dipaksakan”. terang Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Riduan.

Disamping itu, terdapat penolakan dari warga sekitar yang khawatir terdampak secara negative bila perluasan TPA dilakukan dan pencemaran bisa menganggu lingkungan bahkan kesehatan mereka.

Saat ini Pemerintah Kota Bengkulu masih terus berusaha, untuk melakukan perluasan ke bagian sisi TPA yang tidak berdekatan dengan pemukiman masyarakat yang menurut Riduan juga tetap mengikuti aturan kepatutan penganggaran dan tata ruang wilayah Kota Bengkulu.

“Penambahan luasan areal TPA Air Sebakul dinilai penting, mengingat sejak lama kondisinya sudah melebihi daya tampung. Sementara dari pembagian empat area di TPA dengan total luasan 6,8 hektar saat ini/ yakni Area A, B, C dan D, yang tersisa hanya di area A dan sedikit lagi di area B yang diatur untuk tempat penampungan sampah”. pungkas Riduan. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *