banner 728x250

DLH Kota Bengkulu Terus Kelola Bank Sampah

banner 120x600

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Giat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu turun ke kelurahan-kelurahan, dalam rangka untuk kelola Bank Sampah sekaligus penilaian Lomba Kebersihan Tingkat Kelurahan. Sesuai dengan semboyan Pemerintah Kota Bengkulu, “Merdeka Sampah Bisa,” Rabu (30/12/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan berharap melalui lomba kebersihan tingkat Kelurahan ini akan terwujud Bengkulu sebagai Kota yang Bersih, Indah, Sehat dan Aman.

banner 325x300

“Banyak sekali aspek-aspek yang akan dinilai dalam lomba kebersihan ini, tidak saja menyangkut kebersihan itu sendiri, lalu tentang pengelolaan sampah, keindahan, dan partisipasi masyarakat, tapi lebih dari itu bagaimana pihak kelurahan mampu merubah kultur budaya bersih menjadi perilaku dan sikap pribadi individu setiap warga. Sebab dengan lingkungan bersih, masyarakat akan sehat, dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya ancaman penyakit yang berarti.” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Riduan pada awak media Bukitbarisannews.com.

Menurut Riduan Ada yang menarik melalui lomba kebersihan ini, yaitu keberadaan Bank Sampah yang hampir dimiliki oleh semua kelurahan. Sebagaimana kita ketahui bahwa Bank Sampah ini merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.

“Adapun tujuan dari didirikannya bank sampah itu sendiri antara lain; untuk memecah permasalahan sampah yang sampai saat ini belum juga bisa teratasi dengan baik, membiasakan warga agar tidak membuang sampah sembarangan, memotivasi warga agar mau memilah sampah sehingga lingkungannya bersih, dan memaksimalkan pemanfaatan sampah itu sendiri, ” pungkas Riduan. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *