Next Post

MenPAN-RB Resmikan MPP di Bengkulu

Array
IMG-20230316-WA0038

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan tiga Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Provinsi Bengkulu pada Kamis, 16 Maret 2023. MPP ini antara lain MPP Kota Bengkulu, MPP Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Lebong.

MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa MPP Kota Bengkulu menjadi MPP ke-113 secara nasional, diikuti oleh MPP Kabupaten Bengkulu Tengah dan MPP Kabupaten Lebong menjadi MPP ke-114 dan 115. MPP tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal. Sehingga tingkat kepuasan masyarakat meningkat.
“Selain itu, MPP yang baru diresmikan ini juga bisa berdampak positif bagi masyarakat,” kata Azwar, kemarin.

Salah satu tujuan utama MPP adalah untuk mempermudah melayani kebutuhan masyarakat. MenPAN-RB menekankan bahwa MPP harus memberi birokrasi yang lincah dan cepat, dibarengi dengan kesiapan MPP digital dan persiapan sumber daya manusia. Pengurusan administrasi kependudukan hanya memerlukan Identitas Kependudukan Digital, dan MPP akan diintegrasikan dengan digitalisasi sehingga masyarakat tidak perlu mengurus secara manual.
“Intinya kehadiran MPP harus mempermudah masyarakat dan memberikan birokrasi yang lincah dan cepat,” tuturnya.

Selain itu, MPP juga menjadi alternatif untuk mengurangi pungutan liar yang sering terjadi di lembaga pelayanan publik. Hal tersebut tentu saja berdampak positif bagi masyarakat dan mampu menghilangkan stigma negatif terhadap pemerintah.
“MPP bisa mengurangi pungutan liar dan menghilangkan stigma negatif dari masyarakat,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bengkulu, H Helmi Hasan SE menyebutkan, MPP sebagai inovasi yang mempercepat perizinan dan pengurusan administrasi kependudukan. Sehingga membuat masyarakat semakin mudah mengakses pelayanan publik.
“Ini adalah inovasi yang mampu membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses pelayanan publik di Bengkulu,” tutur Helmi.

Seperti diketahui, Menpan RB meresmikan 3 MPP di Bengkulu yakni MPP pertama di Kota Bengkulu dinamakan MPP Harapan dan Do’a, menyediakan 109 jenis layanan dari 21 instansi, dan beroperasi setiap Senin-Kamis pukul 08.30-15.00 WIB dan Jumat pukul 08.30-15.30 WIB. MPP selanjutnya yaitu MPP Kabupaten Bengkulu Tengah dengan luas area layanan 1.024 meter persegi, menyuguhkan 151 jenis layanan dari 21 instansi yang tergabung, dan berlokasi di Jl. Bengkulu-Kepahiang Km.10 Desa Nakau Kec. Talang Empat, dengan jam pelayanan yang sama. Sementara itu, MPP Kabupaten Lebong menghadirkan 112 jenis layanan dari 20 instansi dan beralamat di Jl. Raya Muara Aman. (red) 

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News