banner 728x250

Paripurna Hari Jadi 304 Kota Bengkulu Dihadiri MenPAN-RB

banner 120x600
banner 468x60

Bengkulu, BukitBarisannews. – Sebelum puncak dari peringatan Hari Jadi ke-304 Kota Bengkulu besok. Kamis (16/3), DPRD Kota Bengkulu melakasanakan sidang paripurna istimewa.

Pelaksanaan sidang paripurna istimewa DPRD Kota Bengkulu merupakan rangkaian kegiatan pokok setiap memperingati hari jadi Kota Bengkulu yang dilaksanakan di ruang rapat Ratu Agung.

banner 325x300

Paripurna kali ini terasa spesaial karena dihadiri langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Ia mengaku senang bisa mengikuti rangkaian Hari Jadi Kota Bengkulu yang begitu meriah.

“Suatu kehormatan bagi kami dari Menpan bisa turut hadir dalam acara peringatan HUT Kota Bengkulu. Saya lihat semuanya keren, acaranya meriah dan berjalan sukses, saya sampai terpukau,” ungkapnya dihadapan para pejabat Pemkot dan anggota dewan.

Kemudian, Menteri Anas menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi. Pertama, birokrasi harus berdampak, kemudian, birokrasi bukanlah tumpukan kertas. Dan ketiga, birokrasi harus bergerak lincah dan cepat.

“Kami mengajak pak Wali dan seluruh perangkat pemerintah dimomen HUT kota ini ayo kita semangat membenahi birokrasi di Kota Bengkulu. Karena seperti yang disampaikan bapak Presiden bahwa seharusnya birokrasi kita ini lebih praktis dan tak ribet ke depannya,” jelasnya.

Karena hingga kini, ungkap Anas, pemerintah masih seringkali dihadapkan dengan permasalahan internal birokrasi atau masalah di hulu, daripada menyasar langsung permasalahan pembangunan di hilir. Oleh karenanya, saat ini dilakukan percepatan reformasi birokrasi (RB) melalui reformasi birokrasi tematik.

“RB Tematik ini adalah kerangka kerja untuk mengurai dan menyelesaikan masalah tata kelola terkait program prioritas Presiden agar dampaknya dapat segera dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Anas.

Terdapat empat fokus dari RB Tematik, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan. Kemudian, fokus lainnya adalah RB Tematik program prioritas Presiden untuk merespons dan mengawal isu mendesak untuk meminimalisasi risiko dampak pada masyarakat.

“Untuk itu, kami juga tagline agar kerja pemerintah dapat dengan cepat memberikan dampak positif bagi pembangunan masyarakat, yakni Bergerak untuk Reformasi Birokrasi Berdampak,” lanjutnya.

Di momen ini, Menteri PANRB mendorong segenap jajaran Pemerintah Kota Bengkulu untuk dapat menerapkan RB Tematik. Agar Pemkot Bengkulu dapat bekerja beyond the pattern, agar ada nilai tambah yang melampaui pola, tradisi, dan kebiasaan untuk senantiasa berubah dengan berorientasi kemajuan.

Sebagai informasi, rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Suprianto dan diikuti Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Wawali Dedy Wahyudi, Kapolres Bengkulu, Wagub Bengkulu Rosjonsyah, anggota Dewan, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *