Bengkulu.Bukibarisannews.com.- Pemerintah Kota Bengkulu berupaya untuk merdeka sampah dengan memperbanyak bank sampah di berbagai lokasi. Hal itu pun mendapat dukungan dari seluruh pihak dengan penyediaan 1 bank sampah di setiap kelurahan.

banner 325x300

“Dengan adanya bank sampah ini maka pengelolaan sampah menjadi lebih terorganisir mulai dari tingkat kelurahan, RT, RW sehingga bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat pembuangan akhir (TPA),” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Riduan, Sabtu (3/12).

Ia juga mengimbau dan mensosialisasikan kepada seluruh RT, Tokoh masyarakat dan LPM di kelurahan lain untuk menginisiasi adanya bank sampah. Sebab, untuk menciptakan bank sampah ini diperlukan komitmen yang kuat oleh warga setempat dalam rangka menjaga lingkungan agar bersih dari sampah.

“Dengan hadirnya bank sampah tentu bisa mengurangi perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan, karena mengetahui bahwa sampah jika dikelolah dengan baik maka bisa bernilai. Hal ini akan terus kita sosialisasikan sehingga di setiap kelurahan memiliki bank sampah,” imbaunya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar lurah, camat dan ketua RT untuk mensosialisasikan Operasi Tangkap Tangan (OTT) berhadiah uang tunai.

“Kita sangat konsen mengentaskan persoalan sampah ini, tidak hanya mengembangkan upaya pengolahan sampah, tetapi juga mengawasi secara ketat dengan melibatkan masyarakat,” tuturnya. (red)