Next Post

Ucapkan HUT Kota Bengkulu, Menteri Azwar Anas: Momen Pacu Kinerja Pemerintah Layani Masyarakat

Array
IMG-20230316-WA0026

Walikota Bengkulu Bersama Menteri PANRB  Abdullah Azwar Anas Poto Bersama.

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Bengkulu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa. Rapat paripurna kali ini dalam rangka memperingati HUT ke-304 Kota Bengkulu.

“Selamat Hari Jadi ke-304 untuk Kota Bengkulu. Momentum yang baik ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam pelaksanaan program dan upaya dalam memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Menteri Anas di Gedung DPRD Kota Bengkulu, Kamis (16/03).

Dihadapan para anggota dewan, Menteri Anas menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi. Pertama, birokrasi harus berdampak, kemudian, birokrasi bukanlah tumpukan kertas. Dan ketiga, birokrasi harus bergerak lincah dan cepat.

Saat ini, ungkap mantan Kepala LKPP, pemerintah masih seringkali dihadapkan dengan permasalahan internal birokrasi atau masalah di hulu, daripada menyasar langsung permasalahan pembangunan di hilir. Oleh karenanya, saat ini dilakukan percepatan reformasi birokrasi (RB) melalui reformasi birokrasi tematik.

“RB Tematik ini adalah kerangka kerja untuk mengurai dan menyelesaikan masalah tata kelola terkait program prioritas Presiden agar dampaknya dapat segera dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Menteri Anas.

Terdapat empat fokus dari RB Tematik, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan. Kemudian, fokus lainnya adalah RB Tematik program prioritas Presiden untuk merespons dan mengawal isu mendesak untuk meminimalisasi risiko dampak pada masyarakat.

“Untuk itu, kami juga _tagline_ agar kerja pemerintah dapat dengan cepat memberikan dampak positif bagi pembangunan masyarakat, yakni Bergerak untuk Reformasi Birokrasi Berdampak,” lanjutnya.

Di momen ini, Menteri PANRB mendorong segenap jajaran Pemerintah Kota Bengkulu untuk dapat menerapkan RB Tematik. Agar Pemkot Bengkulu dapat bekerja _beyond the pattern,_ agar ada nilai tambah yang melampaui pola, tradisi, dan kebiasaan untuk senantiasa berubah dengan berorientasi kemajuan.

Hal ini agar Pemkot Bengkulu dapat memenuhi tema HUT kali ini, yakni Insyaallah Relijius Kotanya, Bahagia Warganya. “Saya berharap Kota Bengkulu dapat menjadi kota yang maju dan sukses serta masyarakatnya semakin bahagia dan sejahtera,” harapnya. (red) 

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News