banner 728x250

DPK Bengkulu Edukasi Inovasi Literasi Digital ke Mahasiswa Dehasen

banner 120x600
banner 468x60

Kuliah Lapangan Mahasiswa/i Universitas Dehasen Kenalkan Pemahaman Literasi Digital.r.i

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Sebanyak 48 mahasiswa Universitas Dehasen Fakultas ISIP Prodi Administrasi Publik mengikuti kuliah lapangan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu di Ruang Aula DPK, Rabu (4/10/23). 

banner 325x300

Kuliah lapangan dibuka Kabid Pengembang Perpustakaan dan Pemberdayaan Multazam  dan Pustakawan Media Toni Hertanto, didampingi Dosen Yanuar Rikardo.

Tujuan dari pada diselenggarakan kuliah lapangan ini agar mahasiswa memahami peran dan fungsi serta inovasi yang dijalankan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu yang dikenal dengan literasi digital gemar membaca. 

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu selalu berupaya dalam memberikan inovasi agar pengenalan dan sosialisasi gemar membacanya ini bisa di akses oleh seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu” terang Toni Hertanto.

Ada beberapa Inovasi yang telah kita buat agar literasi gemar membaca mudah di akses antara lain Buku Digital Apo Buek, Layanan Perpustakaan Tanya Kita, dan yang akan kita launching baru-baru ini yaitu Cafe Literasi sekaligus ada tempat Podcast agar bisa saling tukar pikiran. 

“Selain itu inovasi yang kita telah buat komunitas literasi yang sudah berjumlah 43 Komunitas yang tersebar di Provinsi Bengkulu. Dan komunitas ini sifatnya jemput bola dan kita selaku dari OPD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu selalu kita bina dari pada Komunitas yang sudah dibuat ini”

Selanjutnya Yanuar Rikardo mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu yang telah menyediakan tempat dan edukasi yang penting terkait Tupoksi kepada mahasiswa yang hadir pada hari ini. 

“Kita berharap kegiatan dari pada kuliah lapangan ini ilmu yang telah di dapatkan bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya juga pemahaman terkait literasi gemar membaca bisa menjadi contoh agar pengetahuan dan wawasan kita di era modern ini terus berkembang dengan berkembangnya zaman,” terangnya. 

Tentu jadikan gemar membaca menjadi hobi yang positif dan tentu juga kita berharap mahasiswa kita menjadi penggiat yang aktif dalam menjadi mahasiswa yang kritis dan unggul karena pada prinsipnya fungsi mahasiswa adalah sebagai agen off change atau agen perubahan. 

Diakhir acara dilakukan diskusi tanya jawab antara mahasiswa dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu serta memberikan cendera mata kenang-kenangan oleh dosen dan mahasiswa Dehasen kepada Pemateri dan diakhiri dengan poto bersama. (red) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *