banner 728x250

Kantor Bahasa Gelar Bimtek Cerdas Mengulas Buku Bagi Guru dan Siswa SD di Kota Bengkulu

banner 120x600
banner 468x60

Kantor Bahasa Gelar Bimtek Cerdas Mengulas Buku Bagi Guru dan Siswa SD Kota Bengkulu Bertempat di Hotel Nalla Bengkulu. 

Bengkulu.Bukitbarisannesws.com.- Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu melalui KKLP Literasi melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Cerdas Mengulas Buku bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bengkulu bertempat di Hotel Nala Sea Die, Jum’at (20/10/2023).

banner 325x300

Kegiatan Bimtek ini sendiri di ikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para guru dan siswa sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Bengkulu.

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Zainal Azmi, yang menjadi pembuka acara menyampaikan apresiasinya terhadap Kantor Bahasa yang telah mengadakan kegiatan positif bagi para guru dan murid sekolah dasar yang ada di Kota Bengkulu. Menurut Zainal, penting bagi murid dan guru untuk mendapatkan bimbingan dan informasi terkait literasi agar budaya literasi di sekolah dapat berlangsung dengan baik dan berkelanjutan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai teknik dan metode dalam mengulas buku, terutama bagi siswa sekolah dasar.

Hal ini selaras dengan program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dak Teknologi yang tertuang dalam Merdeka Belajar Episode 23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Hal tersebut sejalan denga apa yang disampaikan oleh Widyaprada BPMP Bengkulu, Dr. Komarudin, yang menjadi pembicara kunci dalam menyampaikan kebijakan pemanfaatan buku bacaan buku yang diusung Kemendikbudristek.

“Berdasarkan hasil studi yang dilakukan PISA, minat baca orang Indonesia menempati urutan 60 dari 64 negara. Oleh karena itu, Merdeka Belajar Episode 23 diharapkan mampu meningkatkan kecintaan kecintaan masyarakat, terutama siswa terhadap literasi,” ungkapnya.

Selanjutnya ketua kegiatan, Olga Chaesa Novianti, mengatkan luaran (output) dari kegiatan ini adalah siswa, yang dibimbing oleh guru, dapat membuat video ulasan buku yang ada di laman buku digital kemdikbud budi.kemdikbud.go.id.

“Ulasan buku yang paling menarik akan kami tampilkan di media sosial Kantor Bahasa,” Ujar Olga untuk menyemangati para guru dan siswa.

Melalui rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Cerdas Mengulas Buku bagi Guru dan Siswa di Kota Bengkulu, yang akan dilaksanakan selama tiga hari, 19—21 Oktober 2023, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu mengajak para siswa sekolah dasar untuk mencintai buku dan dapat memberikan ulasan terhadap buku-buku yang pernah mereka baca. Kemudian, para guru juga diberikan bimbingan bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap kegiatan baca tulis siswa dengan berbagai metode, yang disampaikan oleh narasumber yang mumpuni di bidang literasi.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta sangat antusias menerima materi dari para narasumber yang berasal dari komunitas literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, serta fasilitator literasi. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *