Next Post

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Gelar Pelatihan Guru Master Revitalisasi Bahasa Daerah

Array
8791e842-780f-4767-a538-d97e9bcdce31_20230509_6831709450048378401

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Pelatihan Guru Master Revitalisasi Bahasa Daerah yang bertempat di Aula Hotel Mercure Bengkulu. Selasa (9/5/2023)

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 252 guru yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sekaligus merupakan kegiatan ketiga dalam rangkaian Program Revitalisasi Bahasa Daerah Provinsi Bengkulu tahun 2023 setelah sebelumnya diadakan kegiatan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Modul Berbahasa Daerah.

Kegiatan Pelatihan Guru Master atau Training of Traineer (ToT) Revitalisasi Bahasa Daerah ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, Drs. H. Khairil Anwar, M.Si.. Turut hadir pula, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd., beserta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Drs. H. Khairil Anwar, M.Si., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, menyampaikan dukungan penuh serta ucapan terima kasih atas pelaksanaan Program Revitalisasi Bahasa Daerah yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada tahun 2023. Program ini mendukung bahasa daerah Provinsi Bengkulu

“Saya mengimbau kesadaran seluruh pengampu kepentingan di seuruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu untuk menjaga dan memelihara bahasa daerah melalui upaya-upaya yang dilakukan di daerah. Beliau juga menjanjikan upaya terbitnya peraturan daerah untuk menaungi pelestarian bahasa daerah di Provinsi Bengkulu. ” ajak Kahiril Anwar.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah mendukung Program Revitalisasi Bahasa Daerah yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu.

“Program Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Bengkulu akan merevitalisasi tiga bahasa lokal yang ada di Provinsi Bengkulu, yaitu bahasa Enggano, bahasa Rejang, dan bahasa Bengkulu dialek Serawai”. Terang Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum

Saat ini program Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Bengkulu memasuki tahap Pelatihan Guru Master di mana pada tahapan ini para maestro (fasilitator) akan mengajarkan materi dalam modul pembelajaran bahasa daerah kepada para guru master.

“Setelah mendapatkan pelatihan, para guru master akan mengimbaskan materi dari modul pembelajaran bahasa daerah ke guru lainnya kepada siswa di sekolah di tingkat kabupaten/kota” Pungkasnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari, Selasa—Jumat (9—12 Mei 2023). Dalam kegiatan ini akan diajarkan tujuh modul berbahasa daerah yang terdiri atas: 1) Berpidato dalam bahasa daerah, 2) tembang tradisi, 3) membaca dan menulis puisi berbahasa daerah, 4) mendongeng dalam bahasa daerah, 5) membaca dan menulis Aksara Ulu, 6) cerpen berbahasa daerah, dan 7) komedi tunggal berbahasa daerah. Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat menghasilkan tenaga pendidik yang andal, menguasai bahasa daerah sehingga dapat mengimbaskan kepada tunas bahas ibu (generasi muda), serta terlibat aktif dalam menghidupkan kembali, melindungi, dan melestarikan bahasa daerah. (rls)

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News