banner 728x250

Unived Bengkulu Gelar Kuliah Pakar Untuk Penguatan Karakter Mahasiswa Baru

banner 120x600

Unived Bengkulu Selenggarakan Kuliah Pakar Dalam Rangka Penguatan Karakter Mahasiswa Baru, Rabu (30/8/2023) kemarin.

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023, Universitas Dehasen Bengkulu (Unived Bengkulu) menyelenggarakan kuliah pakar dengan tema Penguatan Karakter bagi mahasiswa baru, Kegiatan ini diselenggarakan di halaman utama Unived Bengkulu, Rabu (30/8/2023) kemarin.

banner 325x300

Pakar yang dihadirkan merupakan Dosen dari Universitas Sebelas Maret Surakarta yakni Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum, Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa baru serta segenap civitas akademik Unived Bengkulu.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa hal dipaparkan oleh narasumber Ada pun beberapa hal yang ditekankan meliputi poin-poin utama pembentuk karakter mahasiswa serta pentingnya berliterasi menulis dan membaca.

“Empat poin utama pembentuk karakter mahasiswa yang perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa terdiri dari 1) berpikir kritis, 2) kreatif, 3) komunikatif, serta 4) kolaboratif.” Jelas Dr. Muhammad Rohmadi.

“Dari kegiatan tersebut, diharapkan mahasiswa baru akan memiliki daya kritis dalam menghadapi problematika yang dihadapi di Abad 21, lebih kreatif dalam mengatasi masalah serta memiliki produk karya yang berguna bagi masyarakat luas, mampu berkomunikasi dengan baik dengan sesame mahasiswa, warga kampus, serta masyarakat global,” kata Dr. Muhammad Rohmadi.

Kemudian lanjutnya, “selain itu, diharapkan akan muncul kolaborasi antar mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, serta terdapat kolaborasi yang berdampak baik bagi lingkungan. Dengan demikian, karakter yang dimiliki akan lekat dan dapat diimplementasikan secara aktif dan atraktif.”

Melalui penguasaan literasi tersebut, diharap mahasiswa baru yang hadir menjadi agen perubahan dan memiliki kualitas yang baik dan berkompeten dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja pada masa mendatang.

Dengan berliterasi ratulisa, rajin menulis dan membaca, kita akan memiliki karakter yang tangguh, kreatif, dan inovatif dan siap menjawab tantangan zaman.

Karena di mana depan, Generasi Z seperti mahasiswa baru saat inilah yang menjadi tombak perubahan bagi kemaslahatan Indonesia. (unived.ac.id/BBN)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *