Next Post

Balon DPD RI Wajib Minimal Miliki 2 Ribu Dukungan KTP

Array
IMG_20221206_064635

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Bakal Calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang akan menjadi peserta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang diwajibkan memiliki minimal 2 ribu dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal ini Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag,MM saat menggelar sosialisasi tata cara dan mekanisme pendaftaran Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pemilu tahun 2024, di Grage Hotel Bengkulu, Senin (5/12) kemarin.

“Bagi yang ingin maju menjadi calon anggota DPD RI 2024,wajib miliki minimal 2 ribu ribu dukungan KTP masyarakat yang tersebar di lima kabupaten/kota atau 50 persen dari total kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu,” ungkap Irwan.

Ia menambahkan, selain persyaratan keanggotaan atau dukungan, dalam Pemilu 2024 mendatang memiliki beberapa perbedaan dengan Pemilu DPD RI tahun 2019 lalu. Salah satunya yakni menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SIKON) dalam mengurus administrasi bagai para calon anggota DPD RI. Aplikasi ini sendiri dibuat dengan harapan agar mempermudah proses pendataan, meminimalisir penggunaan kertas, hingga mempermudah verifikasi administrasi.

“Dulu penggunaan dokumen fisik Balon anggota DPD RI dibuat tiga rangkap yang didalamnya disertakan daftar nama dan fotocopi KTP, namun kali ini cukup dengan menggunakan aplikasi Silon,” papar Irwan.

Penggunaan aplikasi ini nantinya akan mempermudah Balon anggota DPD RI dalam melakukan penyerahan dokumen atau berkas-berkas pencalonan.
Apalagi untuk menjadi calon juga akan dilakukan verifikasi dukungan, karena disamping persyaratan calon juga ada dukungan yang diserahkan terlebih dahulu ke KPU.

“Untuk itu kita gelar sosialisasi dan berikan penjelasan maupun pemahaman terkait pelaksaan Pemilu DPD RI 2024 mendatang,” ujar Irwan.

Ditambahkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni, SE, ia menyampaikan jika regulasi atau Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) mengenai DPD RI saat ini menunggu pengesahan. Dan pihaknya melaksankan sosialisasi menjadi salah satu dari penyampaian PKPU.

“Apa yang disosialisasikan hari ini tidak jauh berbeda dari PKPU. Setelah sosialisasi ini akan mulai pendaftaran balon anggota DPD RI,” singkatnya.

Dalam sosialisasi KPU Provinsi Bengkulu ini diikuti langsung 9 kandidat balon anggota DPD RI atau perwakilan, LO (liaison officer) politik, tokoh masyarakat, instansi terkait, media massa dan organisasi kemasyarakatan di Bengkulu, dan pihak terkait lainnya.(red)

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News