banner 728x250

Jaga Keamanan Pangan, BPOM Bengkulu Adakan Monitoring dan Evaluasi

banner 120x600

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu adakan monitoring dan evaluasi terkait program prioritas nasional intervensi keamanan pangan di daerah, bertempat di Ballroom Hotel Santika Bengkulu, Selasa pagi (29/11/2022).

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dihadiri 150 peserta pemegang komitmen dengan menghadirkan narasumber Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Agnes Fitriansyah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Sehmi.

banner 325x300

Kepala BPOM Bengkulu Yogi Abaso Mataram mengatakan kegiatan hari ini kita melakukan monitoring dan evaluasi program prioritas nasional keamanan BPOM Bengkulu tahun 2022.

“Jadi kita sudah melakukan beberapa intervensi terkait dengan keamanan pangan yang ada di desa, sekaligus yang ada disekolah.” terang Kepala BPOM Bengkulu Yogi.

Kemudian menindaklanjuti terkait dengan Joko Paman (Pojok Konsultasi Pangan Aman) yang kemaren sudah kita kita lakukan dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu.

“Pada hari ini kita memberikan apresiasi terhadap 16 sekolah yang memang memiliki komitmen terhadap ketahanan pangan di sekolah dengan membentuk pojok konsultasi pangan aman, kantin sehat, dan seterusnya”. lanjut Yogi.

Dengan adanya 16 Sekolah yang terpilih itu diharapkan dapat menularkan kepada sekolah-sekolah yang lain supaya ketahanan pangan disekolah bisa menjadi prioritas dan perhatian kusus.

Kepala BPOM Menambahkan tidak ada penemuan makanan di sekolah-sekolah yang makanan mengandung formalin maupun borak.

“(Joko paman) Pojok Konsultasi Pangan Aman ini merupakan agenda rutin tahunan yang sekarang memang kita fokuskan di Kota Bengkulu. Bila mana tahun depan ada ketersediaan anggaran makan kita akan melakukan di setiap kabupaten yang lain. Bila mana kabupaten/kota sudah maka kita akan lomba kan lagi di Tingkat Provinsi”. pungkas Yogi.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Sehmi, ketahanan pangan menjadi hal prioritas dalam pengendalian stabilitas sosial. Lebih dari itu, pemenuhan pangan dan menjaganya tetap aman dan sehat diharap dapat berimplikasi pada pembentukan generasi handal.

“sekolah hari ini adalah generasi-generasi yang akan datang yang akan memimpin di 2045 sehingga pangan yang mereka konsumsi adalah sebuah modal untuk membentuk kepribadian mereka nanti di 2045”.ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Sehmi.

Selanjutnya, Ia meminta agar kantin sekolah yang ada di Kota Bengkulu dapat melakukan evaluasi dengan memperhatikan sanitasi, kebersihan ruang kantin, kesehatan makan, hingga komposisi bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh siswa sekolah.

“Setelah ini, saya tidak ingin ada lagi kantin sekolah yang masih dalam kondisi kotor dan tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya,” sampainya.

Apresiasi Komitmen Sekolah-Desa Wujudkan Pangan Sehat

BPOM di Bengkulu mengapresiasi langkah Sekolah dan Desa yang telah komitmen mewujudkan pangan sehat. Apresiasi tersebut diwujudkan dengan pemberian penghargaan dan sertifikat predikat pangan sehat.

Terdapat 6 sekolah sebagai sekolah juara Joko Paman dan 10 sekolah sebagai juara harapan, yakni;

Juara Harapan Festival Joko Paman

Juara Harapan Pertama SDI Al Azhar 51 Kota Bengkulu

Juara Harapan 2 SDN 17 Kota Bengkulu

Juara Harapan 3 SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu

Juara Festival JOKO PAMAN

Juara 1 MI Humaira Kota Bengkulu

Juara 2 MTSN 1 Kota Bengkulu

Juara 3 in SDN 8 Kota Bengkulu

Pemenang Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Provinsi Bengkulu

Desa Kungkai Baru, Kabupaten Seluma.

Pemenang Lomba Sekolah dengan PJAS Aman Tingkat Provinsi Bengkulu

Tingkat SMP

SMPN 1 Kabupaten Lebong

Tingkat SMA

MAN 1 Kabupaten Mukomuko.

Sertifikat Komitmen dalam Melaksanakan Program Keamanan Pangan Sekolah dengan PIAS Aman

SDN 1 Mukomuko, SDN 3 Mukomuko, SMPN 1 Mukomuko, SMPN 3 Mukomuko, SD IT Al Fatih Mukomuko, SMAN 1 Mukomuko, SDN 1 Pondok Suguh Mukomuko, SDN 3 Pondok Suguh Mukomuko, SDN 4 Pondok Suguh Mukomuko, SDN 14 Penarik Mukomuko, MAN 1 Mukomuko, MIN 1 Mukomuko, SMAN 3 Mukomuko, SMAN 2 Mukomuko, MA Al Iman Mukomuko, SDN 133 Seluma, SMPN 7 Seluma, SMPN 21 Seluma, dan SMPN 48 Kab Seluma. (red) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *