banner 728x250

KPU Lakukan Uji Publik Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Provinsi Bengkulu

banner 120x600
banner 468x60

KPU Provinsi Bengkulu Saat Melakukan Uji Publik Dengan Para  Tamu Undangan. 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- KPU Provinsi Bengkulu melakukan uji publik soal rancangan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pemilu anggota DPRD Provinsi Bengkulu Pada pemilihan umum tahun 2024 bertempat di hotel Mercure Bengkulu. Kamis, (19/1/2023).

banner 325x300

Hadir dalam kegiatan uji publik ini para partai politik, Para Dosen, Ormas, dan Para Awak Media serta tamu undangan.

Menurut ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra. S.A.g mengatakan uji publik ini dilakukan karena bulan April sudah mulai pendaftaran.

“Jadi alokasi untuk jumlah kursi DPRD Provinsi Bengkulu ini mengacu pada Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, pada pasal 188 ayat 2 huruf b, bahwa alokasi kursi di DPRD berdasarkan jumlah penduduk. Untuk Provinsi Bengkulu itu sendiri dengan jumlah penduduk lebih dari 1.000.000 (satu juta) orang sampai dengan 3.000.000 (tiga juta) orang memperoleh alokasi 45 (empat puluh lima) kursi,” ujar Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwansyah pada awak media Bukitbarisannews.com.

Hari ini KPU akan menyampaikan beberapa rancangan yang pertama ada potensi daerah yang akan digunakan pada pemilihan 2024 sama persis yang di muat pada tahun 2019 yang lalu yang tertera di dalam UU. Tahapan pemilu sudah berjalan dan aktifitas mereka di dapil. Sehingga itu adalah salah satu dapil yang menjadi pembahasan DPR.

“Selanjutnya arahan dari ketua DPR RI seminimal mungkin perubahan pemilihan. Kalaupun ada perubahan terkait dengan jumlah penduduk dan otonomi daerah baru. Ini menjadi pertimbangan dan menjadi perubahan. Komposisi dapil tidak berubah. Walaupun dapil berubah. Rancangan sesuai kebutuhan kita” lanjut Irwan.

Pendekatan pertama sistem pemilu yang profesional. Semakin besar jumlah kursi maka akan semakin baik. Baik partai kecil dan partai besar. Pembanding nya pemilu distrik. Kita pada hari ini menganut sistem pemilu yang profesional. Pada prinsipnya pemilu kita profesional. Dapil satu dengan Dapil lain tidak ada perbedaan”. pungkas Irwan

KPU Provinsi hanya mengikuti rancangan. Mereka boleh saja membuat rancangan lain. Dalam konsultasi tersebut ini bisa saja terjadi. Karena sekali lagi ada mekanisme dan regulasi tentang aturan KPU. Sebelum KPU menetapkan pemilihan ini maka akan ada uji publik.

Selanjutnya menurut Emex Verzoni, SE sebagai Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Bengkulu mengatakan 2004 dan 2019 DPRD Provinsi Bengkulu 45 kursi dan ada 19 daerah pemilihan. Ditahun 2024 apakah Dapil ini akan kita rubah. Yang menganut 7 Prinsip. Pemilihan itu harus mengacu pada regulasi.

Emex Verzoni juga menerangkan dalam menentukan dapil, harus memenuhi tujuh prinsip yang sudah ada.

“Tujuh prinsip tersebut antara lain, Kesetaraan Nilai Suara, Ketaatan Pada Sistem Pemilu Yang Proposional, Proporsionalitas, Integritas Wilayah, Coterminous (berbatasan), Kohesivitas, dan Kesinambungan”. tutup Emex. (red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *