Next Post

Publikasi Kinerja 2023, Kantor Bahasa Bengkulu Gelar Taklimat Media Massa

Array
IMG-20231222-WA0047

Publikasi Kinerja 2023, Kantor Bahasa Bengkulu Gelar Taklimat Media Massa. Jum’at (22/12/2023). 

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melaksanakan kegiatan Taklimat Media dan Diseminasi Program Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2023 bertempat di Hotel Santika, Kota Bengkulu. Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dengan tujuan untuk menyosialisasikan capaian program kerja Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2023, menyosialisasikan layanan publik yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, serta membangun sinergi dengan masyarakat, mitra, dan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, S.Sos., M.Kes. Dalam sambutannya Sekda Bengkulu menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dalam bidang kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bengkulu.

“Harapan kedepan untuk adanya sinergi dan kolaborasi pemerintah daerah melalui dinas terkait dalam program kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bengkulu tahun 2024 mendatang.” terang Sekda Isnan Fajri.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini dihadiri oleh 54 peserta dari berbagai instansi yang telah bermitra dengan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Peserta yang hadir diantaranya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Tengah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seluma, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu, Balai Guru Penggerak Provinsi Bengkulu, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Provinsi Bengkulu-Lampung, BAN-S/M Provinsi Bengkulu, BAN PAUD dan PNF Provinsi Bengkulu, Komunitas Literasi dan Baca Kota Bengkulu, MGMP Bahasa Indonesa-SMA, MGMP Bahasa Indonesia-SMP, Forum Kepala Sekolah SD, Himpaudi Provinsi Bengkulu, UNIB, UINFAS, UMB, UNIHAZ, UNIVED, media daring dan cetak, serta berbagai instansi lain yang selalu bermitra dengan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu Kepala KBP Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum., mengatakan Taklimat Media ini dalam sehari-harinya biasa disebut jumpa pers merupakan evaluasi dari kegiatan KBP Bengkulu selama tahun 2023.

“Kita KBP Bengkulu memiliki 7 Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) yang pada tahun 2023 ini telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan diantaranya pemilihan Duta Bahasa dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI),” kata Lely sapaan akrabnya

“Dengan demikian, diharapkan ke depannya seluruh elemen masyarakat dan berbagai lembaga terkait akan lebih bersinergi dalam upaya pelaksanaan tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Penguatan Literasi Kebahasaaan dan Kesastraan, Pelindungan Bahasa dan Sastra Daerah, serta Internasionalisasi Bahasa Indonesia.” Lanjutnya.

Untuk melakasanakan program prioritas tersebut Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu memiliki semboyan Trigatra Bangun Bahasa yaitu “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing” . Capaian Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2023

Capaian KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra:

KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra berperan dalam menyelenggarakan fungsi pelindungan bahasa dan sastra serta pengembangan sastra melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah Bengkulu, yaitu Bahasa Rejang, Bahasa Enggano, dan Bahasa Bengkulu dialek Serawai. Puncak dari kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah Tahun 2023 adalah Festival Tunas Bahasa Ibu yang telah diselenggarakan dan diikuti oleh 300 Tunas Bahasa Ibu Provinsi Bengkulu.

KKLP Perkamusan dan Peristilahan tahun 2023 telah melakukan pendokumentasian bahasa daerah Rejang dan Bengkulu dialek Nasal. Bentuk kegiatan berupa pemerkayaan kosakata, yaitu penyusunan Kamus Dwibahasa Rejang-Indonesia dan pengusulan penambahan lema KBBI dari bahasa daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum pada tahun 2023 telah melaksanakan pembinaan melalui program berikut.
Pembinaan 45 Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan dalam Dokumen Lembaga Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia.

Festival Digital Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu.
Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2023.

KKLP Literasi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu berhasil menciptakan 400 generasi muda terbina literasi melalui berbagai kegiatan, seperti, Bengkel Penulisan Esai bagi Generasi Muda di Kota Bengkulu, Bimtek Cerdas Mengulas Buku bagi Guru dan Siswa SD di Kota Bengkulu, Bimbingan Teknis Cerdas Berliterasi Digital bagi Siswa SMA/SMK/MA di Kota Bengkulu, tiga kegiatan Krida Duta Bahasa tentang Niaga Bahasa, Penulisan Cerpen Berbahasa Daerah, dan Sosialisasi BIPA, serta Konten Kebahasaan dan Kesastraan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu.
KKLP Penerjemahan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu berhasil menerbitkan 20 Buku Cerita Anak Berbahasa Daerah Bengkulu-Indonesia sebagai produk penerjemahan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dari target 17 Buku.

KKLP BIPA berhasil memfasilitasi 27 pemelajar BIPA dengan 7 lembaga dari target 25 pemelajar yang terfasilitasi dan 5 lembaga.

KKLP UKBI Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 berhasil melakukan pengujian kepada 3.383 peuji pada Januari—November 2023 dari target 721 peuji. Selain itu, capaian PNBP UKBI Provinsi Bengkulu menyentuh angka Rp39.885.000,00 dari target 26.103.061,00. (red)

 

Bukit Barisan News

Akurat dan teraktual

Related posts

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News