banner 728x250

Tingkatkan Kepatuhan Pelaporan, KPP Bengkulu Gelar Bimtek Bukti Potong SPT Tahunan

banner 120x600
banner 468x60

Bengkulu.Bukitbarisannews.com.- Dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi, KPP Pratama Bengkulu Dua dan KPP Pratama Bengkulu Satu bekerja sama dengan kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pembuatan Bukti Potong 1721 Dalam Rangka Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak di Ruang Aula Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu Furqonti Ranidiah, SE., M.M. serta dihadiri oleh 84 bendahara yang terdiri dari bendahara SMP dan sederajat maupun bendahara SMA dan sederajat. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini juga dibantu oleh 10 relawan pajak dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu. dan dibukak langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu Dua, Indera Gunawan, S.E., M.E.

banner 325x300

“Saya berharap agar bendahara yang mengikuti kegiatan bimbingan teknis dapat menyimak materi dengan baik mengingat para bendahara memiliki kewajiban dalam pembuatan bukti potong, sehingga para pegawai dapat melaporkan pajak tahunan dengan lancar.”. ungkap Indera Gunawan.

Selanjutnya Rio Riski Pratama selaku Tim Penyuluh KPP Pratama Bengkulu Dua memaparkan materi tentang pembuatan bukti potong 1721 A1 dan 1721 A2 melalui program excel dan dilanjutkan penyampaian materi tentang pembuatan bukti potong tahunan melalui aplikasi berbasis web DJP Online oleh asisten penyuluh KPP Pratama Bengkulu Satu Nadiyah Anjarsari.

Selain itu, penyuluh pajak juga menambahkan sedikit materi mengenai format baru Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.03/2022 dan mengajak para bendahara untuk menghimbau para pegawai di kantornya untuk melaksanakan validasi data NIK lewat DJP Online.

Penyampaian materi mendapatkan respon yang sangat bagus dari para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Dalam sesi tanya jawab, para peserta menanyakan banyak hal terkait permasalahan-permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi ketika membuat bukti potong pajak.

Pada akhir kegiatan ini, diadakan kuis untuk membantu para peserta dalam melatih refleksi terhadap materi yang baru disampaikan dan acara ditutup dengan foto bersama. Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis diharapkan para bendahara sudah paham akan kewajiban tugas bendahara dalam membuat bukti potong untuk pelaporan SPT tahunan para pegawai. (red) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *